IDWS.ID

Berita Nasional

 Breaking News

Libur Idul Adha, Keluar Tol Brebes Barat Gratis?

08 Sep 2016

Guna mengantisipasi kemacetan di jalur selatan saat libur panjang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, jajaran Polres Brebes akan memberlakukan sistem satu arah mulai dari exit Tol Pejagan-Prupuk-Tonjong-Bumiayu-Paguyungan-Purwokerto.

"Secara situasional kita akan terapkan rekayasa lalu lintas satu arah bagi kendaraan dari arah Jakarta, keluar exit Tol Pejagan ke arah Selatan. Hal ini akan dilakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur itu," ucap Kasatlantas Polres Brebes, AKP Arfan Zulkan Sipayung.

Menurutnya, pemberlakuan sistem satu arah di jalur alternatif lintas selatan itu diberlakukan ketika terjadi penumpukan kendaraan dari arah Jakarta di Pejagan hingga Larangan, Brebes. Berdasarkan pengalaman pada arus mudik Idul Fitri kemarin, sistem yang sama juga diberlakukan.

"Kendaraan dari arah Pejagan menuju Prupuk menggunakan dua lajur. Sementara kendaraan dari arah Purwokerto dialihkan melalui Kabupaten Tegal. Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan kemacetan, upaya tersebut dapat mengurangi ketersendatan di jalur itu" kata Arfan

Arfan juga memaparkan, sejumlah titik kemacetan yang perlu diwaspadai menjadi titik kemacetan adalah simpang Pejagan, pusat Kota Brebes, dan juga pertigaan exit Tol Brebes Timur (Brexit). Polisi juga akan menempatkan beberapa personel di Brebes Exit untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan.

"Yang menjadi perhatian saat ini, pusat Kota Brebes sedang ada perbaikan jalan. Akan tetapi saat liburan nanti, pekerjaan sudah dihentikan dan tidak akan mengganggu arus lalu lintas menuju jalur pantura," ujar Arfan.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan menyatakan sudah menyiapkan sebanyak 263 personel untuk pengamanan arus mudik libur panjang Idul Adha. Mereka juga akan dibagi dua, masing-masing menjadi tim pengurai dan berjaga di sejumlah pos yang menjadi titik kemacetan.

"Selain personel dari kita, akan ada juga tambahan personel dari Polda Jawa Tengah sekitar 180 personel. Kami juga akan menambah armada kendaraan pengurai kemacetan sebanyak 52 unit," ucap Luthfie

Kapolres mengatakan, untuk rekayasa arus lalu lintas di Brebes Timur, semua kendaraan yang menuju ke Barat di alihkan ke jalan tol melalui pintu Brebes Timur. Bagi kendaraan yang keluar di Brebes Barat, mereka tidak akan dikenakan biaya alias gratis. "Tapi yang gratis khusus untuk yang keluar di Brebes Barat. Kalau lanjut sampai ke Pejagan, ya tetap harus membayar," ujar dia.

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Brebes telah menyiapkan dua jalur alternatif, yakni Brebes-Jatibarang dan Tanjung Kersana. "Jalur alternatif juga sudah kita siapkan dan mulai diberlakukan secara situasional. Dinhubkominfo sudah menyiapkan delapan CCTV yang tersebar di sepanjang Pantura untuk memantau arus lalu lintas," ucap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemkab Brebes, Satibi.

Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th