IDWS.ID

Berita Nasional

 Breaking News

Penumpang Bus AKDP di Sumenep Membeludak

11 Jul 2016

Jumlah penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) membeludak. Bus yang akan berangkat dari Terminal Arya Wiraraja di Kabupaten Sumenep pada H+3 Lebaran.

 

"Jumlah penumpang bus AKDP yang berangkat dari Terminal Arya Wiraraja pada Minggu (10/7/2016) atau H+3 Lebaran mencapai di atas 2.000 penumpang," ujar Abd Hadi, selaku Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, Jawa Timur, Senin (11/7/2016).

 

Ia mengatakan jumlah penumpang bus AKDP memasuki kategori signifikan jika di atas 1.000 orang. "Sesuai dengan laporan staf kami, sebanyak 97 bus AKDP berangkat dari Termial dengan membawa 2.017 penumpang dan bus datang juga 97 unit dengan membawa 785 penumpang," jelasnya seperti dilansir laman Republika.

 

Sebelumnya pada Sabtu (9/7/2016) tercatat sebanyak 100 bus berangkat dengan membawa 1.231 penumpang dan bus datang juga 100 unit dengan membawa 1.373 penumpang. Sementara pada Jumat (8/7/2016) sebanyak 98 bus keluar dengan membawa 965 penumpang dan bus masuk juga 98 unit dengan membawa 789 penumpang.

 

"Kami memang sudah memperkirakan puncak peningkatan jumlah penumpang bus AKDP pada masa arus balik Lebaran 2016 itu terjadi pada H+3, karena para pegawai dan juga karyawan swasta mulai masuk kerja pada Senin ini," terang Hadi.

 

selain itu, sebagian pemudik yang sebelumnya menggunakan sepeda motor dari Kota Surabaya dan sekitarnya, diduga balik sementara dengan menggunakan bus. "Mereka tidak balik dengan naik sepeda motor, karena kemungkinan akan kembali lagi ke Sumenep untuk merayakan "Hari Raya Ketupat". Dan kami menduga hal tersebut yang membuat jumlah penumpang bus AKDP pada H+3 membeludak," tutupnya.

 

Di Pulau Madura memang terdapat perayaan Hari Raya Ketupat atau 'Tellasan Topa' yang waktunya adalah hari ketujuh setelah Idul Fitri.

 
Share    

Hot Article

IDWS Promo

Promosi Khusus Gratis VIP!

Halo IDWS Mania, saat ini kami punya promosi store idws yang sangat ditunggu-tunggu, yaitu gratis VIP! Gratis vip ini bisa kamu dapatkan dengan cara login menggunakan

IDWS Event

International Thai Cultural Camp 2017

Ruang Bahasa kembali dipercaya menjadi panitia lokal Indonesia untuk festival yang diadakan di Thailand. Setelah sebelumnya sukses mewakili Indonesia di ajang The 6th