IDWS.ID

Berita Internasional

Cetak Sejarah: SpaceX Sukses Bawa Pulang 2 Astronot NASA ke Bumi dengan Selamat

03 Aug 2020

NASA menyelesaikan misi pengembalian astronot ke Bumi dengan bantuan perusahaan milik Elon Musk, SpaceX.

IDWS, Senin, 3 Agustus 2020 - Dua astronot NASA, Doug Hurley dan Bob Benhken pulang ke Bumi menaiki kapsul kru Dragon milik SpaceX yang mendarat di Teluk Meksiko, menandakan keberhasilan pertama bagi perusahaan asal Amerika Serikat itu menjalankan misi luar angkasa dengan membawa astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan pulang ke Bumi dengan selamat.

Kapsul Dragon tersebut mendarat pada 3 Agustus 2020 kurang lebih pukul 01.49 dinihari WIB, di mana tim staff dari SpaceX menjemput mereka dengan kendaraan khusus kurang dari sejam setelah kedua astronot mendarat.

"Hari ini, kami membuat sejarah," tutur Administrator NASA, Jim Bridenstine dalam konferensi pers bersama Presiden SpaceX Gwynne Shotwell dan empat astronot yang akan terbang ke ISS pada akhir tahun nanti.

"Ini baru permulaan. Kami akan mulai orang-orang secara reguler menuju dan dari orbit rendah Bumi," tambah Shotwell.

Doug Hurley dan Bob Behnken meluncur ke ISS pada 30 Mei menumpangi roket Falcon 9 yang dibuat oleh Space Exploration Technologies Corp. milik Elok Musk.

 

Astronot AS, Doug Hurley (kiri) dan Bob Behnken dalam kapsul kru Dragon buatan SpaceX pada Minggu, 2 Agustus 2020 sebelum mendarat di Teluk Meksiko dinihari tadi. (Foto: SpaceX)

NASA dan SpaceX juga berencana untuk memperketat sterilisasi di area pendaratan untuk misi-misi berikutnya setelah beberapa kapal sipil berlayar di dekat kapsul Dragon setelah mendarat. Sebenarnya Para kru Penjaga Pantai telah membantu mengosongkan zona seluas 10 mil laut di Teluk Meksiko bagi pendaratan kapsul Dragon, namun baik dari pihak militer maupun NASA memiliki personel yang cukup untuk menghalau semua kapal sipil yang lewat.

 

Mendapat ucapan selamat dari presiden dan perusahaan pesaing

Ucapan selamat terutama bagi SpaceX, datang dari berbagai figur ternama, seperti Presiden AS Donald Trump dan pendahulunya, Barack Obama. Lalu kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden. Masih ada pula ucapan selamat dari Boeing dan Blue Origin — yang terakhir merupakan pesaing utama SpaceX dalam industri angkasa luar, yang dibeking oleh Amazon.com dan pendirinya Jeff Bezos.

 

 

NASA berencana menggelar konferensi pers dengan kehadiran Behnken dan Hurley di Johnson Space Center pada 4 Agustus besok.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Bloomberg

Share    

IDWS Promo