IDWS.ID

Berita Internasional

Walikota Seoul Ditemukan Meninggal, Tak Lama Sebelum Tuduhan Pelecehan Seksual yang Ia Lakukan Akan Tayang di TV

10 Jul 2020

Walikota Seoul, Korea Selatan, ditemukan dalam kondisi meninggal setelah menghilang beberapa jam sebelum tuduhan pelecehan seksual yang ia lakukan terhadap sekretarisnya akan ditayangkan di televisi

IDWS, Jumat, 10 Juli 2020 - Polisi menemukan jasad dari Park Won-soon (64), walikota Seoul, ibukota Korea Selatan, di bagian utara Seoul setelah ratusan aparat berpencar mencari salah satu calon terkuat presiden Korsel yang berikutnya itu.

Jasad Won-soon baru ditemukan kurang lebih tujuh jam setelah ia dinyatakan hilang pada Kamis (9/7/2020) waktu setempat. Melansir Dailymail, jasadnya ditemukan di dekat sebuah restoran yang berlokasi di sebuah bukit.

 

Walikota Seoul, Park Won-soon ditemukan meninggal di sebuah bukit di wilayah utara kota Seoul

Jaringan televisi Korsel, SBS, melaporkan bahwa sekretaris Won-soon telah melaporkan kepada polisi pada hari Rabu (8/7/2020) akan tindakan pelecehan seksual yang ia lakukan terhadap sang sekretaris, yang mengaku pelecehan seksual itu dimulai sejak 2017.

Dari laporan SBS yang tidak menyebut sumber itu, si sekretaris mengatakan kepada pihan penyidik bahwa sejumlah pegawai wanita di Balai Kota Seoul juga mengalami perlakuan serupa. Kasus tersebut akan ditayangkan di televisi pada Kamis malam, namun Won-soon lebih dulu menghilang sebelum program tersebut tayang.

 

Garis polisi dipasang di restoran tempat di mana jasad Won-soon ditemukan tidak jauh dari sana

Salah satu anggota kepolisian Seoul, Lee Byeong, mengatakan kepada awak media bahwa Park Won-soon terakhir kali terlihat lewat kamera sekuriti pada pukul hari Kamis sekitar 10.30 waktu setempat di jalan masuk ke sebuah bukit di wilayah utara Seoul, lebih dari 6 jam sebelum putrinya menelepon polisi dan melaporkan bahwa ayahnya menghilang.

Menurut putri Won-soon, ayahnya tiba-tiba saja pergi dari rumah setelah meninggalkan pesan-pesan seperti pesan terakhir.

Pihak penyidik mengatakan bahwa sinyal ponsel Won-soon terakhir kali terdeteksi di bukit tempat ia terakhir kali terlihat kamera sekuriti, yakni di Seungbuk-dong, sebuah distrik di utara Seoul. Aparat kepolisian lalu mencari ke sana.

 

Aparat mencari-cari keberadaan Park Won-soon sebelum dia ditemukan meninggal

Seorang pegawai dari Pemerintahan Metro Seoul mengabarkan bahwa Won-soon tidak masuk kerja karena alasan yang tidak jelas.

Jasad Won-soon pada akhirnya ditemukan pada hari Jumat (10/7/2020) pagi waktu setempat.

 

Park Won-soon menjadi walikota Seoul pada 2011

Aktivis sipil dan pengacara Hak Asasi Manusia sejak lama, Won-soon terpilih sebagai walikota independen Seoul pada Oktober 2011 dengan dukungan dari Partai Demokratik dan Partai Demokratik Buruh. Ia juga merupakan anggota dari Partai Demokratik Liberal dari presiden Korsel sekarang, Moon Jae-in dan kini dianggap sebagai salah satu kandidat potensial untuk memenangkan pilpres Korsel tahun 2022 nanti.

Ironisnya, ia dulu dianggap berjasa dalam kemenangan pertama kasus pelecehan seksual di Korea Selatan.

 

(Stefanus/IDWS)


Sumber: Dailymail

Share    

IDWS Promo