IDWS.ID

Berita Internasional

Calon Astronot Kulit Hitam Asal Afrika Pertama Tewas Dalam Kecelakaan Sepeda Motor

09 Jul 2019

IDWS, Selasa, 9 Juli 2019 - Seorang pria asal Afrika Selatan bernama Mandia Maseko yang berkesempatan untuk menjadi astronot kulit hitam asal Afrika pertama, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan sepeda motor di usia 30 tahun.

Menurut pihak keluarga, Maseko tewas di Pretoria, Afrika Selatan pada Sabtu (6/7/2019).

 

 

Dalam sejarah panjang perjalanan luar angkasa umat manusia, telah ada dua astronot asal benua Afrika yang berhasil mengarungi luar angkasa. Akan tetapi mereka sama-sama berkulit putih, yakni Mike Melvill dan Mark Shuttleworth asal Afrika Selatan.

Sedangkan seluruh astronot kulih hitam yang pernah pergi ke luar angkasa berasal dari Amerika Serikat atau Kuba.

Maseko merupakan seorang kandidat personel untuk Angkatan Udara Afrika Selatan dan bekerja paruh waktu sebagai DJ, dilansir dari Eye Witness News.

Ia dijuluki "Afronaut" dan menjadi inspirasi bagi banyak warga kulit hitam Afrika Selatan ketika memenangi kompetisi internasional untuk pergi ke luar angkasa bersama Axe Apollo Space Academy. Ia menghabiskan waktu satu minggu pelatihan di Kennedy Space Centre di Amerika Serikat pada 2015 silam.

Tujuannya adalah untuk terbang menuju sub-orbit di mana ia akan dapat merasakan pengalaman mengambang tanpa beban.

"Saya ingin mengambang dan melihat ke luar jendela untuk melihat bola biru-putih besar yang disebut Bumi," ujar Maseko pada 2014.

Maseko, yang berasal dari sebuah kota kecil kumuh di pinggiran Pretoria, mengatakan bahwa panutannya adalah pejuang kebebasan sekaligus mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela.

Meski pada akhirnya kesempatan mencicipi penerbangan luar angkasa yang ia menangkan gagal terwujud, Maseko semasa hidupnya masih terus mencoba untuk berangkat ke luar angkasa. (Stefanus/IDWS)

 


Sumber: ABC News

Share    

IDWS Promo