IDWS.ID

Berita Internasional

Seorang Wanita UAE Bangun Setelah Koma Selama 27 Tahun

24 Apr 2019

IDWS, Rabu, 24 April 2019 - Seorang wanita dari Uni Emirat Arab (UAE) yang cedera parah dalam sebuah kecelakaan lalu lintas tahun 1991 silam sembuh secara ajaib setelah koma selama 27 tahun lamanya.

Munira Abdulla, yang berusia 32 tahun saat mengalami kecelakaan tersebut, mengalami cedera otak parah setelah mobil yang ia naiki — disopiri oleh saudara iparnya — untuk menjemput putranya bertabrakan dengan sebuah bus.

Putranya, Omar Webair, yang saat itu berusia empat tahun, duduk di kursi belakang dan tidak mengalami luka apapun karena ibunya memeluknya tepat sebelum tabrakan terjadi.

Abdulla mengalami cedera parah dan mengalami koma selama 27 tahun, namun mukjizat terjadi dan ia akhirnya bangun dari koma pada tahun lalu di sebuah rumah sakit di Jerman.

 

Koma selama bertahun-tahun

Omar yang kini berusia 31 tahun, menceritakan kepada koran UAE The National mengenai kecelakaan tersebut serta bertahun-tahun proses perawatan ibunya selama koma.

"Saya tak pernah menyerah akan ibu saya karena saya selalu merasakan dia akan bangun satu hari nanti. Alasan kenapa saya membagikan cerita ibu saya adalah untuk mengatakan kepada orang-orang agar tidak kehilangan harapan kepada orang yang mereka cintai; jangan menganggap mereka mati ketika mereka dalam kondisi seperti itu (koma)," ungkap Omar.

"Ibu saya duduk bersama saya di bangku belakan ketika dia menyadari akan terjadi tabrakan, ia lalu memeluk saya untuk melindungi saya dari guncangan." Omar mengaku hanya mengalami luka memar di kepala, namun ibunya tak mendapat perawatan sama sekali selama beberapa jam sesudah kecelakaan.

Abdulla akhirnya di bawa ke rumah sakir dan kemudian ditransfer ke London. Di sana, ia dinyatakan berada dalam kondisi vegetatif — tak memberi respon, namun bisa merasakan sakit, lapor The National.

Abdulla lalu dikembalikan ke Al Ain, sebuah kota di UAE di perbatasan dengan Oman yang merupakan tempat ia tinggal. Ia lalu menjalani fisioterapi agar otot-ototnya tidak melemah karena kurang bergerak.

Pada tahun 2017, keluarga Abdulla ditawari hibah oleh Abu Dhabi Crown Prince's Court, sebuah organisasi pemerintah di Abu Dhabi, untuk memindahkan Abdulla ke Jerman.

Di Jerman, Abdulla menjalani berbagai operasi untuk memperbaiki otot tangan dan kakinya yang memendek, ia juga diberi obat-obatan untuk memulihkan kondisinya.

 

Bangun dari koma

Setahun kemudian, putranya, Omar, terlibat adu argumen di ruangan tempat Abdulla dirawat. Uniknya, adu argumen itu tampaknya jadi pemicu bangunnya Abdulla dari koma selama 27 tahun.

"Ada kesalah pahaman di ruangan rumah sakit [tempat ibu dirawat] dan ibu [mungkin] merasakan saya terancam, yang menyebabkan ibu terkejut," cerita Omar.

"Ibu membuat suara-suara aneh dan saya terus memanggil dokter untuk memeriksanya, mereka mengatakan semuanya normal. Lalu, tiga hari kemudian, saya bangun karena mendengar suara seseorang memanggil nama saya. Ternyata itu adalah suara ibu saya! Ia memanggil nama saya, saya melompat kegirangan; selama bertahun-tahun saya selalu memimpikan momen-momen ini, dan nama saya adalah kata pertama yang keluar dari mulutnya."

Sejak itu, Abdulla pelan tapi masti menjadi lebih responsif, dan dapat meraakan rasa sakit serta bisa diajak berbincang-bincang ringan.

Ia kini telah kembali ke Abu Dhabi, di mana ia menjalani fisioterapi dan rehabilitasi lebih lanjut, utamanya untuk meningkatkan postur tubuhnya saat duduk dan mencegah otot-ototnya berkontraksi.

 

Sembuhnya Abdulla terbilang sangat langka

Hanya ada segelintir kasus di mana orang sanggup bagun setelah bertahun-tahun koma. Meski begitu, pemulihan pasca sadar pun bisa berlangsung sangat lama.

Adalah mustahil untuk memprediksi kesempatan sembuh bagi seseorang dalam kondisi gangguan kesadaran, ungkap Layanan Kesehatan Inggris.

Orang-orang yang sanggup bangun dari kondisi seperti itu sering kali mengalami cacat permanen akibat kerusakan pada otaknya.

 

Mantan juara balap Formula 1 Michael Schumacher mengalami koma akibat kecelakaan ski. (Foto: Getty Images)

Satu kasus pemulihan yang paling mencolok adalah Terry Wallis, seorang pria Amerika Serikat yang mengalami kecelakaan mobil ketika berusia 19 tahun, dan mampu sembuh setelah berada dalam kondisi vegetatif selama 19 tahun lamanya. Diperkirakan, Wallis sembuh karena mampu menumbuhkan jaringan otaknya.

Mantan juara Formula 1 Michael Schumacher juga pernah mengalami cedera kepala akibat kecelakaan ski di Perancis pada 2013. Ia koma selama enam bulan sebelum kemudian dipindahkan ke rumahnya di Swiss untuk melanjutkan perawatannya.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: BBC

Foto Titel: Science Photo Library

Share    

IDWS Promo