IDWS.ID

Berita Internasional

Kota London Beri Lampau Hijau Untuk Bangun Gedung Tulip Meski Terdapat Penolakan Kuat

10 Apr 2019

IDWS, Rabu, 10 April 2019 - London memberi lampu hijau untuk pembangunan gedung pencakar langit "Tulip".

Komite Perencanaan Kota London telah menyetujui pembangunan gedung setinggi 305,3 meter itu meskipun ada penolakan kuat.

Jika jadi terwujud, Menara Tulip ini akan menjadi gedung tertinggi kedua di Inggris setelah The Shard, yang juga terletak di London.

 

Ilustrasi artist akan Menara Tulip London (VCG Photo)

Kepala Komite Perencanaan Kota London, Annie Hampson, menuturkan bahwa ia percaya Menara Tulip akan menjadi bangunan mencolok yang menandai Kota London. Menurutnya, gedung itu memiliki hubungan unik dengan gedung khas lainnya di London, yakni Gherkin.

 

Ilustrasi artist akan Menara Tulip London (VCG Photo)

Menara Tulip rencananya dibangun dengan 12 lantai di mana area observasi yang berada di puncak gedung akan memiliki bentuk kuncup bunga yang menawarkan pemandangan menakjubkan Kota London. Nantinya akan ada pusat edukasi di gedung ini yang dikhususkan bagi anak-anak sekolah.

"Kuncup bunga" yang berada di puncak gedung terdiri dari platform obsrvasi yang bisa berputar, sebuah restoran, dan sebuah bar.

 

Ilustrasi artist akan Menara Tulip London (VCG Photo)

Diprediksi lebih dari 1,2 juta orang akan mengunjungi Menara Tulip setiap tahunnnya.

Pembangunan struktur kontroversial yang didesain oleh arsitek Foster + Partners itu ditentang oleh kelompok-kelompok peninggalan budaya, termasuk pengawas kultural resmi Historic England dan Tower of London (yang merupakan situs warisan budaya UNESCO).

 

Ilustrasi artist akan Menara Tulip London (VCG Photo)

Duncan Wilson, CEO dari Historic of England mengatakan: "Setting dari Tower of London, sebuah simbol dari kota [London] ini, bukan hanya jutaan warga London namun juga bagi seluruh dunia dan merupakan salah satu situs paling sering dikunjungi di Inggris, akan dilukai."

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: CGTN / Xinhua News Agency

Share    

IDWS Promo