IDWS.ID

Berita Internasional

Seorang Pria Membunuh Seekor Cougar yang Menyerangnya di Amerika Serikat

07 Feb 2019

IDWS, Kamis, 7 Februari 2019 - Seorang pelari membunuh seekor cougar (singa gunung) sebagai bentuk pertahanan diri setelah hewan itu menyerangnya di jalur lari di Colorado, Amerika Serikat, pada Senin (4 Februari) waktu setempat.

Pria yang tak diketahui namanya itu tengah berlari-lari di West Ridge Trail yang berlokasi di Horsetooth Mountain Open Space, Fort Collins ketika ia mendengar sesuatu dari arah belakang. Ia langsung diserang begitu menengok ke sumber suara yang ternyata adalah seekor cougar. 

Cougar tersebut mengigit wajah dan pergelangan tangannya, dilansir dari sebuah press release dari Taman dan Margasatwa Colorado.

 

(Foto: The Guardian)

Menurut si pelari tersebut, ia kemudian berhasil melepaskan diri dari sang cougar sebelum ia kemudian mencekik leher hewan itu sampai mati. Kemudian si pelari itu datang ke rumah sakit lokal dan dirawat akan cederanya yang serius namun untungnya tidak membahayakan nyawanya.

"Pelari itu melakukan apapun yang bisa ia lakukan untuk menyelamatkan nyawanya," ujar Mark Leslie, manajer dari wilayah timur laut Taman dan Margasatwa Colorado, dilansir dari ABC News. Kondisi pria itu sekarang dilaporkan baik-baik saja.

Pihak otoritas margasatwa kemudian berhasil menemukan tubuh dari cougar tersebut. Hewan yang diperkirakan berusia kurang dari setahun itu lalu dibawa ke lab untuk autopsi dan tidak ditemukan menderita rabies. Setelah investigasi lebih lanjut termasuk autopsi pada jasad cougar itu, pihak otoritas menyimpulkan bahwa peryataan sang pelari memang benar apa adanya dan tidak menyalahkan tindakan pembelaan dirinya yang menyebabkan kematian si cougar.

 

(Foto: Shutterstock)

Trek lari di Horsetooth Mountain Open Space kemudian ditutup sebelum kemudian dibuka lagi pada Senin sore. Tapi kemudian ditutup kembali pada Selasa malam.

"Kami ingin ada jangka waktu sebelum kembali membuka Horsetooth Mountain Open Space. Pendekatan kami pada situasi ini adalah untuk memastikan keamanan pengunjung," ungkap Ken Brink Jr., manajer Departemen Sumber Daya Alam untuk Larimer County. Mereka baru akan membuka lagi trek lari tersebut setelah mengamati aktivitas cougar di area itu bekerja sama dengan Taman dan Margasatwa Colorado.

Kurang dari 20 orang meninggal karena serangan cougar di Amerika Utara dalam lebih dari 100 tahun terakhir, jadi bisa dibilang serangan yang menimpa pelari itu amat sangat langka. Pihak otoritas menyarankan agar tidak langsung lari ketike bertemu dengan cougar karena hal itu malah akan memicu insting berburu mereka.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: ABC News

Share    

IDWS Promo