IDWS.ID

Berita Internasional

Pemuda yang Menjual Ginjal demi Membeli Produk Apple Terbaru Kini Terpaksa Terbaring di Tempat Tidur Seumur Hidup

24 Jan 2019

IDWS, 24 Januari 2019 - Masih ingat meme "menjual ginjal demi iPhone?" Guyonan itu berasal dari kisah nyata seorang pemuda di China dan buntut dari kisah itu tidak selucu yang kita bayangkan.

 

Wang Shangkun (25) kini bergantung pada dialisis untuk bertahan hidup. Ia menjual salah satu ginjalnya pada tahun 2011 demi membeli iPhone 4 dan iPad 2. (Foto: AsiaWire)

Wang Shangkun masih berusia 17 tahun ketika ia memutuskan menjual ginjalnya ke pasar gelap demi membeli produk Apple terbaru pada saat itu. Sayangnya tak lama setelah operasi pengangkatan ginjal ilegal tersebut, ia mengalami penurunan fungsi ginjal.

Delapan tahun kemudian, Wang yang kini berusia 25 tahun itu kini hanya bisa terbaring di tempat tidur seumur hidupnya dan terpaksa bergantung pada dialisis untuk bertahan hidup.

Wang menjual ginjalnya ke pengepul organ ilegal dari pasar gelap pada April 2011 di mana ia memperoleh 22,000 RMB sebagai imbalannya. Ia lalu menggunakan uang tersebut untuk membeli iPhone 4 dan iPad 2.

Alasan Wang berani melakukan hal nekad tersebut ternyata sederhana:

Kenapa aku butuh dua ginjal? Satu sudah cukup.

Operasi ilegal yang ia jalani membuat Wang terkena defisiensi ginjal yang dipercaya disebabkan oleh infeksi karena tempat operasi yang tidak 100 persen steril atau kurangnya perawatan pasca-operasi, dilansir dari Mirror UK.

 

Jahitan bekas operasi yang dijalanin Wang Shangkun di tahun 2011. (Foto: AsiaWare)

Operasi tersebut bertempat di kota Chenzhou, Provinsi Hunan, tanpa persetujuan kedua orang tua Wang dan dilakukan oleh dua doktor yang bekerja di rumah sakit lokal di sana.

Sembilan orang ditangkap terkait kasus Wang Shangkun itu, dan lima di antaranya — termasuk dokter bedah yang mengangkat ginjal Wang — dijebloskan ke penjara pada 2012. Keluarga Wang pada akhirnya menerima kompensasi sebesar 1,47 juta RMB di akhir tahun 2012.

 

Kini Wang Shangkun hanya bisa terbaring di tempat tidur, terpaksa meninggalkan pendidikan serta kehidupan sosialnya. (Foto: AsiaWare)

Pada saat itu, menurut harian China Xinhua, Wang pertama kali menjalin kontak dengan pengepul organ dalam ilegal tersebut lewat chat room internet.

Kepada CNTV.cncn, Wang mengatakan: "Pada saat itu, aku ingin membeli iPad 2 tapi tidak punya uang sama sekali. Ketika sedang [online] di internet, ada seorang agen ginjal mengirim pesan yang isinya adalah menjual sebuah ginjal bisa membuatku memperoleh 20,000."

Wang saat itu ngotot ingin membeli produk iPhone demi bisa pamer kepada teman-temannya. Padahal keluarganya tinggal di salah satu provinsi termiskin di China di mana kondisi ekonomi keluarganya juga kekurangan.

 

(stefanus/IDWS)


Sumber: Mirror UK.

Share    

IDWS Promo